Friday, April 5, 2013

Pesona Surga Taman Bawah Laut Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau Kepulauan Derawan yang menjadi destinasi destinasi utama wisata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan memiliki permukaan air laut yang jernih dan berwarna gradasi biru dan hijau yang memukau, diselimuti hamparan pasir putih nan lembut, serta dihiasi barisan pohon kelapa di pesisir pantai dengan hutan kecil di tengah-tengah pulau yang merupakan habitat dari bermacam jenis tumbuhan dan hewan. Namun, yang menjadi keunikan pulau ini ialah keindahan alam bawah laut yang mempesona. Sehingga, tidak heran apabila pulau ini bisa menempati urutan ketiga teratas sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional dan menjadikan pulau ini sebagai pulau impian bagi para penyelam di seluru penjuru dunia.

Di sekitar pulau derawan, terdapat sebanyak 28 titik menyelam yang telah teridentifikasi. Untuk menjelajahi semua titik ini, dibutuhkan waktu hingga sekitar 10 hari dengan menyelam satu kali di masing-masing titik. Untuk pindah dari satu titik ke titik lainnya, pengunjung bisa menggunakan kapal/boat. Sementara itu, pengunjung juga bisa menjelajahi keindahan pulau derawan dengan berjalan kaki. Kekayaan laut Pulau Derawan sangat beragam, hampir lebih dari 50 jenis arcropora (hewan laut) dapat terlihat dalam satu terumbu karang. Hal ini yang menjadikan keindahan bawah laut Pulau Derawan bagaikan taman bawah laut terbaik dan surga bagi para penyelam.

Terumbu karang di kepulauan derawan tersebar luas pada seluruh pulau dan gosong yang ada di kepulauan derawan. Gosong-gosong yang ada di kepulauan ini diantaranya gosong pulau panjang, gosong masimbung, gosong buliulin, gosong pinaka, gosong tababinga dan gosong muaras. 

  

Selain terumbu karang, berbagai jenis fauna yang dapat ditemui di taman bawah laut pulau derawan ini diantannya adalah penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kita juga dapat menikmati hamparan hutan bakau dan padang lamun yang ikut menghiasi indahnya Pulau Derawan di sore hari. 

  

No comments:

Post a Comment